Persiapan Pemasangan Lantai Kayu

Yang perlu diperhatikan dalam persiapan pemasangan lantai kayu sebelum pengerjaan dilaksanakan secara umum,
untuk jenis lantai kayu dari jenis kayu solid seperti parquet kayu jati, parquet kayu merbau, parquet kayu sonokeling, parquet kayu sungkai, decking kayu bengkirai, sederhananya bisa dipasang langsung di acian semen, namun harus diperhatikan bahwa acian itu harus benar-benar halus dan rata untuk mendapatkan hasil dengan kualitas yang maksimal, artinya acian semen itu haruslah tidak bergelombang, umur acian minimal 10 hari, tidak disarankan pemasangan untuk area basement,dikarenakan faktor kelembaban yang tinggi.

Produk lantai kayu yang akan dipasang MC jangan lebih dari 18%,sebaiknya sebelum pemasangan di mulai
lantai kayu yang akan di pasang ditempatkan di area pemasangan 2-3 hari untuk menyesuaikan dengan kondisi kelembaban ruangan.

lantai kayu
alat tes untuk mengukur MC kayu

Untuk jenis lantai kayu flooring pemasangan untuk daerah yang kelembabannya tinggi disarankan menggunakan  underlayer (bahan underlayer bisa dari polyfoam, multiplek, atau papan kalsi).

Untuk jenis lantai kayu laminated atau engginerr persiapan landasan bisa hanya dengan di plester saja,dengan catatan  landasan tidak bergelombang.
yang perlu diperhatikan pada saat pemasangan,lantai kayu yang berbatasan langsung dengan dinding harus diberi jarak 1cm – 1,5cm untuk menjaga dari susut muai.sehingga pada saat lantai kayu memuai masih ada ruang gerak agar tidak mengembang ditengah tengah ruangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*